BREAKING NEWS
Yuk Kita Baca Info Terbaru Disini
Loading...

No Mercy | M. Yusuf | Triple A Films & Movie Studio Bali

Lomba Penulisan Skenario Film | 2014






Salah satu permasalahan perfilman di Indonesia adalah kurang bervariasinya skenario film yang diangkat menjadi cerita film. Umumnya cerita film Indonesia kurang gagasan dan miskin tema. Hampir sebagian film seakan mengulang dan mengikuti cerita film yang pernah sukses di pasaran. Jika suatu film dengan tema horor sukses dalam jumlah penonton maka biasanya perusahaan film lain juga memproduksi film dengan tema horor. Hal ini sudah berlangsung lama dan selalu berulang-ulang kasusnya.

Harus diakui bahwa saat ini Indonesia kekurangan penulis cerita yang handal. Baru beberapa orang saja yang sukses dan berhasil dalam menulis cerita film (skenario film). Saat ini penulis cerita film bersifat dadakan sehingga hasilnya jauh dari profesional. Apabila hal ini terus terjadi, maka kualitas cerita film Indonesia tidak akan meningkat mutunya.

Banyak judul film Indonesia yang meraih penghargaan, tapi bila dilihat secara keseluruhan dari perbandingan persentase perbedaannya masih sangat jauh. dari sekitar 200 naskah skenario film yang ada mungkin hanya sekitar 10-20 yang bagus untuk difilmkan. Padahal banyak sekali tema yang bisa digali dari khasanah kebudayaan kita yang dapat dituangkan ke dalam sebuah flm. Konsekuensi logis untuk mengantisipasi permasalahan di atas adalah dengan membuka seluas-luasnya kepada masyarakat umum untuk menuangkan gagasan dan ide yang dikembangkannya ke dalam cerita film. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuka kesempatan secara luas untuk mengirimkan naskah cerita pada kegiatan Kompetisi Penulisan Skenario Film Yang Mengangkat Kearifan Lokal.

Untuk tahun 2014 ini, volume output yang akan dicapai berupa tersedianya bank naskah atau kumpulan cerita dalam bentuk skenario film yang siap untuk dimanfaatkan.

Melihat kondisi ini dan seiring dengan semakin meningkatnya jumlah produksi film nasional serta untuk meningkatkan daya saing antara 1 production house dengan production house lainnya, maka dipandang perlu untuk menyiapkan cerita/skenario film. Langkah awal yang akan ditempuh adalah memberikan pengumuman kepada khalayak tentang adanya kompetisi penulisan skenario film yang mengangkat kearifan lokal.

Tujuan penyelenggaraan kompetisi penulisan skenario film yang mengangkat kearifan lokal ini adalah menghimpun gagasan/ide sehingga diperoleh beberapa cerita yang baik dari yang terbaik juga diharapkan dapat menawarkan variasi tema film yang digarap. Disamping itu, dengan diadakannya kompetisi penulisan skenario film yang mengangkat kearifan lokal (skenario film) diharapkan akan merangsang minat menulis khusus membuat karya cipta cerita film di kalangan masyarakat. Dari kompetisi ini pula diharapkan munculnya cerita yang berkualitas dengan warna dan nuansa budaya Indonesia yang berbasis Ekonomi Kreatif.


Hadiah


Akan dipilih 3 (tiga) pemenang utama,
3 (tiga) pemenangharapan, dan 10 (sepuluh) naskah pilihan.
Pemenang I  Rp. 50.000.000,-
Pemenang II   Rp. 40.000.000,-
Pemenang III Rp. 30.000.000,-
 
Serta piala dan piagam penghargaan (pajak ditanggung pemenang)




Untuk Pendaftaran Klik Disini




Ketentuan Umum


  1. Peserta Lomba Penulisan Skenario Film adalah Warga Negara Indonesia;
  2. Terbuka untuk umum usia 16 tahun keatas;
  3. Skenario Film yang ditulis harus mengandung kearifan lokal & identitas bangsa;
  4. Skenario film yang ditulis minimal sebanyak 90 halaman disertai sinopsis, biografi penulis, surat pernyataan orisinalitas karya, serta kontak yang jelas;
  5. Skenario Film dikirim sebanyak 2 (dua) rangkap dalam bentuk hardcopy ukuran A4;
  6. Skenario Film dikirim dalam bentuk softcopy di dalam CD, via email, atau upload ke www.lombaskenariofilm.com pada halaman pendaftaran online;
  7. Skenario Film adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan atau diproduksi;
  8. Jika terjadi tuntutan dari pihak lain atas keaslian naskah skenario tersebut, maka akan menjadi tanggung jawab penulis bersangkutan;
  9. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai pemegang hak pengalih wujudan (derivative right) ke dalam film atas naskah skenario film yang terpilih;
  10. Para pemenang akan dihubungi panitia lebih lanjut;
  11. Panitia dan Dewan Juri tidak diperkenankan mengikuti lomba ini.

0 Response to "Lomba Penulisan Skenario Film | 2014"

Posting Komentar

Pasang Iklan Banner Murah Di Website
Bayar dengan PayPal

COOPERATION WITH : Kitara Film

Cooperation With : Kitara Film

COOPERATION WITH : Movie Cirebon

Cooperation With : Movie Mania Cirebon
Boleh Copy Paste , Harus Disertai Sumber. Gambar tema oleh 4x6. Diberdayakan oleh Blogger.
Blogger Reporter Indonesia